Sabtu, 28 Desember 2013

Bahasa Indonesia atau Psikologi umum?

Haii blogy udah lama juga ya ga ngepost disini hehe. Malam ini gue mau ngepost sesuatu yang amazing banget dan baru gue pelajari nih selama gue jadi mahasiswa. Post kali ini tentang Mata Kuliah gue yang sebenernya gue masih ketawa sendiri aja kalo inget tugas gue yang dikasih dosen gue. Tapi yah gue pikir lagi,sebanding lah sama jurusan gue. Mata Kuliah yang gue psot ini adalah Matkul Bahasa Indonesia. Gue dikasih tugas nih sama dosen gue buat cari lagu yang kemudian lagu itu harus kita analisa. Ya gue pikir analisanya tentang lagu itu gimana dan menceritakan arti lagu itu, Tapi setelah gue pikir, ko kaya anak sd sih gitu doang tugasnya? TAPI ternyata dosen gue menambahkan lagi nih tugasnya, analisa tersebut harus dianalisa secara PSIKOLOGIII. WHAT THE...... gue berpikir keras gimana carnya gimana caranya, dann....Ah bodohnya gue,gue lupa kan masih boleh pake buku panduan. akhirnya gue pilih lagu yang emang udah gue tau bandnya dan liriknya,bahkan pas banget! lagu itu mengandung ingatan,mimpi dan motivasi. Kebetulan lagu ini adalah lagu kesayangan gue banget. Soalnya lagu ini menceritakan sebuah harapan sang ayah kepada anaknya. Cocok banget sama ayah. Mau liat tugas gue gimana? dibawah ini adalah tugas yang gue buat nih, bagus juga sih buat kalian yang baca, biar sedikit lebih tahu bahwa jurusan gue ini mempelajari tentang kehidupan banget. Baca ya!!


Yang Terbaik Untukmu
(Ada Band)
 (paragraph 1)
Teringat masa kecilku,kau peluk dan kau manja.
Indahnya saat itu
Buatku melambung disisimu terniang,hangat nafas segar harum tubuhmu.
Kau tuturkan segala mimpi-mimpi serta harapan mu.
Kau ingin ku menjadi yang terbaik bagimu
Patuhi perintahmu,jauhkan godaan yang mungkin kulakukan
Dalam waktu ku beranjak dewasa
Jangan sampai papa ku terbelenggu jatuh dan terinjak

 Reff (paragraph 2) :
Tuhan tolonglah,sampaikan sejuta sayangku untuk nya
Ku trus berjanji,tak kan khianati pintanya
Ayah dengarlah betapa sesungguhnya ku mencintaimu
Kan ku buktikan ku mampu penuhi mau mu

(paragraph 3)
Andaikan detik itu,kan bergulir kembali
Ku rindukan suasana,basuh jiwaku
Membahagiakan aku yang haus akan kasih dan sayang mu
Tuk wujudkan segala sesuatu yang pernah kau lewati.

Back to reff
                                                     ANALISA
           Lagu diatas adalah sebuah lagu yang menggambar kan seorang anak yang berusaha menggali ingatannya tentang pesan yang disampaikan oleh ayahnya dahulu ketika sang ayah masih berada di sampingnya. Seorang anak yang mempunyai mimpi untuk menjadi apa yang di inginkan oleh ayahnya,dan seorang anak yang mencoba mengingat apa yang telah di lalui oleh ayahnya sehingga ingatan itulah yang memacu dirinya untuk menjadi seseorang yang sukses dan anak yang tumbuh dewasa demi membahagiakan ayahnya. Dan dari sini lah muncul sebuah ingatan yang memacu atau bisa dibilang sebagai motivasi untuk sang anak mempunyai mimpi atau harapan yang dimana mimpi itu akan membuat sang ayah bahagia dan bangga terhadap diri nya.
      Lagu ini memberikan pengaruh terhadap para pendengarnya dan memberikan motivasi bagi pendengarnya bahwa kehidupan itu harus mempunyai mimpi,Karena mimpi itulah yang nantinya akan melengkapi bahkan membahagiakan orang di sekitar kita terutama keluarga.
       Ingatan , mimpi dan motivasi akan menjadi sebuah harapan yang dimana arti dari ingatan, mimpi dan motivasi ini juga terdapat pada teori psikologi sebagai berikut :

1.     Ingatan (Memory)
      Ingatan (memory) adalah materi simpanan yang telah di pelajari oleh sistem organisme. Menurut Atkinson dan Shiffrin,model ingatan terbagi menjadi dua yaitu ingatan jangka pendek (Short Therm Memory) dan ingatan jangka panjang (Long Therm Memory). Informasi yang diterima akan di proses melalui pencatatan indera menuju ingatan jangka pendek, dan akhirnya menyimpan lebih permanen didalam ingatan jangka panjang. Pemindahan (transfer) informasi dari ingatan indera (ingatan sensor) menuju ingatan jangka pendek dan akan dikendalikan oleh perhatian. (sejarah dan dasar-dasar psikologi.prof.dr Yufiarti dan Gumgum Gumelar.2013 hal.176) . Proses pengendalian dalam ingatan jangka pendek ialah dengan cara rehearsal atau repetition, yaitu pengulangan informasi di dalam pikiran atau ingatan.
       Rehearsal adalah pengulangan informasi atau bisa juga disebut sebagai akktivitas mengulang atau mengingat-ingta kembali apa yang baru saja diterima oleh pikiran. Rehearsal memiliki 2 fungsi,yaitu : 1. Memelihara atau mempertahankan informasi didalam ingatan jangka pendek, 2. Untuk memindahkan informasi dari ingatan jangka pendek ke dalam ingatan jangka panjang. Pengendalian yang lain adalah coding (pemberiang kode), cara ini melibatkan pengambilan informasi yang sesuai dari ingatan jangka pendek ke dalam ingatan jangka panjang. Memory yang biasa di simpan adalah iconic (bentuk gambar/symbol) dan echoic (suara).
      Berikut adalah model ingatan (memory) yang terdapat pada bait-bait lagu :
a.    Ingatan Jangka Panjang (LTM)
Ingatan ini meliputi proses penyimpanan informasi yang bersifat lebih permanen (bersifat lebih lama dari beberapa menit bahkan sampai waktu yang tak terbatas). Informasi yang ada akan disimpan dalam bentuk maknanya atau semantic. Menurut Tuvling semantic meupakan ingatan yang terorganisasikan mengenai segala sesuatu yang ada di dalam kehidupan (sejarah dan dasar-dasar psikologi.prof.dr.Yufiarti dan Gumgum Gumelar.2013 hal.182) . Ingatan semantic berisikan susunan pengetahuan yang bersifat lebih konstan atau hampir tidak pernah berubah sepanjang waktu. Dan ingatan jenis ini terdapat pada lagu paragraph 1.
b.    Ingatan Ontobiografi
Ialah ingatan yang berkaitan dengan peristiwa atau episode tertentu yang dialami dalam kehidupan seseorang. Studi ini biasanya melibatkan bahan yang bersumber dari kehidupan sehari-hari yang kaya akan makna dan asosiasi.Seperti yang tertera pada lagu paragraph 1.

2.    Mimpi
     Mimpi adalah peristiwa yang dialami seseorang selama tidur. Ketika tidur kita mengalami tahapan tidur dari setengah sadar hingga tahap tidur lelap atau kerjapan mata lambat / NREM (Nonrapid-Eye-Movement). Detak jantung dan laju pernafasan menurun dan aktivitas otak melambat. Setelah 90 menit , tahap tidur beralih ke tahap mengambang atau kerjapan mata cepat / REM (Rapid-Eye-Movement). Mata bergerak dibawah kelopak mata dan berlangsung mimpi.
     Setiap mimpi sangat berarti dan pasti pernah dialami dan terjadi di kehidupan kita. Segala mimpi mempunyai symbol tersendiri dan setiap symbol memilik arti. Menurut Freud ada hubungan yang kuat antara proses dan mimpi seseorang dengan kehidupannya,apakah kehidupan masa lalu, masa kini atau harapan-harapannya (kehidupan masa mendatang) (sejarah dan dasar-dasar psikologi.prof.dr.Yufiarti dan Gumgum Gumelar.2013 hal.152). sebuah mimpi dapat terbentuk dari suatu pengalamn obyektif (memang terjadi) maupun subyektif (hanya dirasakan individu tersebut) yang mungkin dir edam sedemekian rupa olehnya dan masuk kedalam bawah sadar yang bersangkutan. Kemudian pengalaman tersebut di reproduksi kembali atau diingat kembali dalam proses mimpi. Ini mencakup juga harapan  tentang sesuatu yang diinginkan ata didambakan untuk terjadi dimasa yang akan datang, diredam sedemikian rupa untuk kemudian di reproduksi dalam mimpi.berikut ini adalah stimulus dan sumber dari kemunculan sebuah mimpi menurut Sigmund freud,yaitu :
a.    External Sensory Stimuli
b.    Internal (subjective) Sensory Excitations
c.    Internal Organic Somatic stimuli
d.    Psychical Source of Stimulation

3.    Motivasi
      Motivasi berasal dari kata latin yaitu movere artinya bergerak (to move). Terdapat 3 jenis motivasi kerja atau kebutuhan yang relevan dengan kerja yaitu: 1. Kebutuhan berprestasi atau need for achievement, 2. Kebutuhan untuk berkuasa atau need for power, 3. Kebutuhan akan kasih sayang atau need for affliation. Teori motivasi berpusat pada kebutuhan dari dalam diri,dan hal itu merupakan dorongan perilaku. Motivasi bagi seorang sangat tergantung dari kekuatan motifnya. Motif terkadang didefinisikan sebagai suatu kebutuhan, keinginan, dorongan atau getaran dalam diri seseorang.
       Aliran Behavioristik percaya bahwa motivasi digambarkan dalam suatu respon atau tanggapan, seperti tingkah laku lainnya yang dikondisikan sesuai dengan kondisi tingkah laku. Berkenaan itu motivasi dibedakan menjadi dua jenis,yaitu : motivasi intrinsic dan ekstrinsik. Dan model motivasi yang terdapat pada lagu ini adalah motivasi intrinsic. Motivasi instrinsik adalah motif yang berfungsinya tidak perlu dirangsang dari luar, karena dalam diri setiap individu sudah ada dorongan untuk melakukan sesuatu. Seseorang yang memiliki motivasi ini memiliki tujuan menjadi orang yang terdidik, yang berpengetahuan, yang ahli dalam bidang tertentu.

Nah itu adalah tugas analisa gue. Banyak kan? gue juga pusing nyusunnya hahaha. Tapi gue enjoy dengan semua tugas ini. Karena ya memang udah kewajiban dan tantangan dari jurusan gue. Tapi jangan mikir kalo jurusan gue adalah jurusan tersntai ya!! gue sebel banget kalo ada yang anggap remeh jurusan gue. karna intinya setiap jurusan itu sama ko! ada saatnya dimana jurusan itu bakal sibuk dan bakal santai. sesantai apapun jurusan tetep aja ga bisa meremehkan, dan biasanya org yang meremehkan ini orang yang ga pernah tau lebih dalam gimana jurusan gue. Jadi coba berpikir dahulu aja sebelum berbicara ;;)
nah sampai disini dulu ya cerita gue,kasian yang baca nanti capek wkwk,byeeeeee


Tidak ada komentar:

Posting Komentar